Contoh RPP PAI Kelas X



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                             : SMA ISLAM PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN 2 BEKASI
Mata pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester           : X/1
Program                            : IPA/IPS
Materi Pokok                : Menuntut Ilmu
Alokasi Waktu              :3x45 Menit (1 pertemuan)

A.     Tujuan
Setelah proses mengamati berbagai fakta, menanya konsep, mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
1.       Mensyukuri aturan Allah berupa perintah menuntut ilmu
2.       Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam mengamalkan perintah menuntut ilmu dikehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman ( Q.S Attaubah: 122) dan hadis terkait.
3.       Menentukan manfaat dan hikmah menuntut ilmu
4.       Setelah mengetahui manfaat dan hikmah menuntut ilmu serta mendiskusikannya, peserta didik bisa menjelaskan hubungan menuntut ilmu dengan membela agama.

B.     Kompetensei Dasar dan Indikator pencapaian kompetensi
1.7          Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah
1) Menunjukkan sikap yakin bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasulnya.

        2.7          Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S
                                Attaubah: 122 dan Hadis terkait
2) Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S.
At-taubah: 122 dan Hadis terkait

                3.7          Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya
                                kepada Sesama
                                1) Memahamai isi kandungan At-taubah:122
                                2) Menganalisis manfaat dan hikmah menunutut ilmu
                                3) Menceritakan tokoh tokoh teladan dalam menuntut ilmu

4.7.1         Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S At-taubah:122 dan Hadis terkait
1)     Menjelaskan hubungan antara perintah menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama

C.      Materi Pembelajaran
1.       Fakta ( Seseuatu yang dapat di indera)
Krisis semangat menuntut ilmu dikalangan pelajar adalah akibat mengabaikan perintah Allah dalam menunutut ilmu dan tidak mentauladanai para sahabat serta ilmuawan- ilmuwan muslim yang berhasil membela agama karena ilmu yang dimiliki dan kepedulian mereka terhadap ilmu pengetahuan
2.       Konsep ( Gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
Makna Ilmu pengetahuan
Makna menuntut ilmu bagi seorang Muslim
3.       Prinsip ( generalisasi hubungan antar konsep – konsep yang berkaitan: Hukum, teori, azas)
Perintah Allah Q.S At-Taubah: 122
Manfaat dan keutamaan menuntut ilmu
Tokoh tokoh tauladan menuntut ilmu
4.       Prosedur
Sikap semangat menuntut ilmu
Berprilaku semangat menuntut ilmu dalam kehidupa sehari-hari

D.     Metode Pembelajaran
a.       Model Pembelajaran             : Inkuiri
b.       Metode Pembelajran             : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Praktik

E.      Media dan Alat pembelajaran
a.       Media           : lembar kerja, power point, al-quran
b.       Alat                : Laptop

F.      Sumber Belajar
a.        Al-Qur’an
b.       Buku Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013

G.     Langkah Pembelajaran

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi waktu

Pendahuluan
Langkah-Langkah :


·         Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
·         Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
·         Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
·         Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
·         Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
·         Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
·         Guru memberi motivasi peserta didik


25  menit
Kegiatan
Inti
Problem Based Learning
Mengamati
·      Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid Q.S Attaubah: 122 , serta hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menympaikannya kepada teman.
·      Menyimak penjelasan materi diatas melalui media power point
Menanya
·      Menanyakan cara membaca Q.S Attaubah: 122 serta hadis terkait
·       Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid Q.S Attaubah: 122
·       Mengapa harus menuntut ilmu?
·       Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
eksplorasi
·       Mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
·       Guru mengamati perilaku contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya melalui lembar pengamatan disekolah
·       Guru berkolaborasi dengan orangtua untuk mengamati perilaku semangat menuntut ilmu , menerapkan dan menyampikannya kepada sesama dirumah
Mengasosiasi
·       Membuat kesimpulan tentang hubungan menuntut ilmu dengan kewajiban membela Agama.
 Mengkomunikasikan:
·       Menpresentasikan hasil diskusi tentang cara semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama

95  menit
Kegiatan
Penutup

·         Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

25 menit


H.     Penilaian Hasil Belajar
                      1.            Jenis                            : Perbuatan dan Tulis
                      2.            Bentuk                       : Produk
                      3.            Prosedur Penilaian                :

No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
1
Ahmad Muallim







2








3








4








Dst







Aspek yang dinilai:
1. Kurang
2. Cukup
3. Sedang
4. Baik
5. Sangat baik












Petunjuk Penskoran :
Jawaban Sangat baik diberi skor 5, baik diberi skor 4 dst.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
                      4.            Instrumen Tes
1. Mengumpulkan data ( Gambar, artikel tentang semangat menuntut ilmy)
2. Cari dan bacalah tulisan tentang Nabi Sulaiman! Dan Buat Ringkasannya!
3. Menurutmu, apa kunci keberhasilan yang diraih Nabi Sulaiman sebagai Raja dan Orang paling Kaya?

Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Narmada



Ade Haryadi, M. Pd
NRP. 980550
Bekasi, 12 Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran    



 Wifa El-Khairah Ramadhan, S,S.I
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Drama ( keteguhan iman keluarga Yasir Bin Amr)

Contoh Surat Rapat Pembentukan Panitia PHBI

Makalah sejarah dan perkembangan ilmu tafsir