Contoh RPP PAI Kelas X
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ISLAM PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN 2 BEKASI
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Program :
IPA/IPS
Materi Pokok : Menuntut Ilmu
Alokasi Waktu :3x45 Menit (1 pertemuan)
A. Tujuan
Setelah proses mengamati
berbagai fakta, menanya konsep, mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikan
peserta didik dapat:
1.
Mensyukuri aturan Allah berupa
perintah menuntut ilmu
2.
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli dan proaktif dalam mengamalkan perintah menuntut ilmu dikehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman ( Q.S Attaubah: 122) dan hadis
terkait.
3.
Menentukan manfaat dan hikmah
menuntut ilmu
4.
Setelah mengetahui manfaat dan
hikmah menuntut ilmu serta mendiskusikannya, peserta didik bisa menjelaskan
hubungan menuntut ilmu dengan membela agama.
B.
Kompetensei
Dasar dan Indikator pencapaian kompetensi
1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah
1) Menunjukkan sikap yakin bahwa menuntut ilmu
adalah perintah Allah dan Rasulnya.
2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan
sebagai implementasi pemahaman Q.S
Attaubah: 122 dan Hadis terkait
Attaubah: 122 dan Hadis terkait
2)
Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S.
At-taubah: 122 dan Hadis terkait
At-taubah: 122 dan Hadis terkait
3.7 Menganalisis semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya
kepada Sesama
kepada Sesama
1)
Memahamai isi kandungan At-taubah:122
2)
Menganalisis manfaat dan hikmah menunutut ilmu
3)
Menceritakan tokoh tokoh teladan dalam menuntut ilmu
4.7.1
Menyajikan kaitan antara
kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S
At-taubah:122 dan Hadis terkait
1)
Menjelaskan hubungan antara
perintah menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Fakta ( Seseuatu yang dapat di
indera)
Krisis semangat menuntut ilmu dikalangan pelajar
adalah akibat mengabaikan perintah Allah dalam menunutut ilmu dan tidak
mentauladanai para sahabat serta ilmuawan- ilmuwan muslim yang berhasil membela
agama karena ilmu yang dimiliki dan kepedulian mereka terhadap ilmu pengetahuan
2.
Konsep ( Gabungan antar fakta
yang saling berhubungan)
Makna Ilmu pengetahuan
Makna menuntut ilmu bagi seorang Muslim
3.
Prinsip ( generalisasi hubungan
antar konsep – konsep yang berkaitan: Hukum, teori, azas)
Perintah Allah Q.S At-Taubah: 122
Manfaat dan keutamaan menuntut ilmu
Tokoh tokoh tauladan menuntut ilmu
4.
Prosedur
Sikap semangat menuntut ilmu
Sikap semangat menuntut ilmu
Berprilaku semangat menuntut ilmu dalam kehidupa
sehari-hari
D.
Metode
Pembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode Pembelajran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab,
Praktik
E.
Media dan
Alat pembelajaran
a.
Media : lembar kerja, power point, al-quran
b.
Alat : Laptop
F.
Sumber
Belajar
a.
Al-Qur’an
b.
Buku Pendidikan Agama Islam
Kurikulum 2013
G.
Langkah
Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Langkah-Langkah
:
|
·
Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi
salam dan berdo’a,
·
Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan,
absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
·
Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara
5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
·
Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan
pembelajaran yang akan dicapai,
·
Guru melakukan appersepsi (sejauh mana
peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang
dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
·
Guru melaksanakan tes awal (pretest)
untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
·
Guru memberi motivasi peserta didik
|
25 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Problem
Based Learning
|
Mengamati
·
Menyimak bacaan, membaca,
mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid Q.S Attaubah: 122 , serta hadis terkait tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menympaikannya kepada teman.
·
Menyimak
penjelasan materi diatas melalui media power point
Menanya
·
Menanyakan cara membaca Q.S Attaubah: 122 serta hadis terkait
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid Q.S Attaubah: 122
·
Mengapa harus menuntut ilmu?
·
Bagaimana cara menyampaikan
ilmu kepada sesama?
eksplorasi
·
Mendiskusikan makna dan contoh
semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
·
Guru mengamati perilaku contoh
semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya melalui lembar
pengamatan disekolah
·
Guru berkolaborasi dengan
orangtua untuk mengamati perilaku semangat menuntut ilmu , menerapkan dan
menyampikannya kepada sesama dirumah
Mengasosiasi
· Membuat kesimpulan tentang hubungan menuntut ilmu dengan
kewajiban membela Agama.
Mengkomunikasikan:
·
Menpresentasikan hasil diskusi
tentang cara semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
95 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
·
Membuat kesimpulan dan
melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan
masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
·
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang menguasai materi;
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
25 menit
|
H.
Penilaian Hasil
Belajar
1.
Jenis : Perbuatan dan Tulis
2.
Bentuk :
Produk
3.
Prosedur Penilaian :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
Predikat
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1
|
Ahmad
Muallim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
1. Kurang
2. Cukup
3. Sedang
4. Baik
5. Sangat baik
|
|||||||||
Petunjuk Penskoran :
Jawaban Sangat baik diberi skor 5, baik diberi
skor 4 dst.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

4.
Instrumen Tes
1. Mengumpulkan data ( Gambar, artikel tentang semangat menuntut ilmy)
2. Cari dan bacalah tulisan tentang Nabi Sulaiman! Dan Buat Ringkasannya!
3. Menurutmu, apa kunci keberhasilan yang diraih Nabi Sulaiman sebagai
Raja dan Orang paling Kaya?
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Narmada
Ade Haryadi, M.
Pd
NRP. 980550 |
Bekasi, 12 Oktober 2017
Guru Mata
Pelajaran
Wifa El-Khairah
Ramadhan, S,S.I
|
Komentar
Posting Komentar